Thursday, February 21, 2013

KAPAN WAKTUNYA SHOLAT ?


WAKTU SHOLAT
Di antara yang wajib dikerjakan semua orang mukallaf adalah sholat lima waktu sehari semalam.
Pertama, sholat dhuhur. Waktunya, mulai matahari tergelincir sampai terjadi bayangan sesuatu sama persis dengan ukuran benda itu (benda satu meter, bayangan 1 meter), selain bayangan saat istiwa’.
Kedua, sholat ashar waktunya mulai habis waktu dzuhur sampai matahari terbenam.
Ketiga, sholat maghrib waktunya mulai habis matahari terbenam sampai mega merah terbenam.
Keempat, sholat isya’ waktunya, mulai habis waktu maghrib sampai terbit fajar shodiq.
Kelima, sholat subuh waktunya, mulai habis waktu isya’ sampai matahari terbit. 
Ke enam  sholat fardhu ini wajib dikerjakan pada waktunya bagi semua orang islam yang sudah baligh, berakal, dan suci (dari najis dan hadas).
Untuk itu, haram hukumnya jika kelima sholat itu dikerjakan sebelum atau di luar waktunya dengan tanpa udzur (halangan).
Bila penghalang datang, misalnya haid tapi sebelum itu ada kesempatan cukup untuk mengerjakan sholat dan bersuci yang tak boleh didahulukan seperti thoharoh beser, maka sholat itu wajib diqodo’. Contohnya, haid pukul dua siang, dia belum sholat dhuhur, maka dhuhur wajib diqodo’.
Jika penghalang (haid) itu usai dan masih ada kesempatan yang cukup untuk takbirotul ihrom, maka sholat saat itu wajib dikerjakan dan sholat sebelumnya juga wajib diqodo’ bila kedua sholat itu dapat dijamak.
JIKA DI TUNDA 2 Dalam bersuci padahal sudah tahu kalau haidnya sudak berhenti. akan mendapat dosa. Na'udzubillahi min dzalik.

see you next post: >>>>>>
dasar : Sulamuttaufiq

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment